Teknologi Modern Bedah Jantung dengan " Bypass" Invasi Minimal

Bookmark and Share
Sampai Sekarang, penyakit jantung masiih menjadi salah satu penyakit membahayakan di dunia. departemen kesehatan menyebutkan bahwa apapun kasusnya, penyakit jantung dapat berujung pada resiko kematian mendadak. Jantung dapat terganggu fungsinya oleh sejumlah sebab, dan paling sering karena adanya sumbatan koroner, pemicu penyakit jantung koroner.

Cheng, anggota Cardio Thoracic International Institut Cabang Asia dengan Profesor Xiao Ming, Kepala Rumah Sakit Jantung Yodak Shanghai mengingatkan para penderita penyakit jantung koroner untuk sedini mungkin mendeteksi penyakit tersebut dan segera melakukan tindakan pengobatan. Pasalanya, hal ini dapat mengurangi resiko serangan jantung koroner seperti, kematian mendadak atau kerusakan otot jantung yang permanen.

Menurut Profesor Xiao Ming, upaya menolong para penderita jantung koroner dapat dilakukan antara lain dengan pemberian obat-obatan, teknik operasi konvensional, ataupun operasi dengan teknik minimal invasi, yang menerapkan teknologi mutakhir untuk tindakan bedah jantung yang dapat mempercepat proses pemulihan pasien.

Teknologi modern yang terbaru kini adalah metode bypass, yakni metode invasi minimal dengan meminimalisasikan hasil luka operasi, mengurangi rasa sakit yang di derita pasien, pemulihan pasca-operasi relatif lebih cepat, tepat, ekonomis, dan hasil operasi maksimal. Bagi pasien yang lanjut usia yang kondisi tubuhnya cnederung lemah dan tidak dapat menerima pengobatan operasi konvensional, maka operasi bypass dengan metode invasi minimal bisa menjadi sebuah pilihan.

Lalu seperti apakah gambaran metode operasi ini ? Secara ringkas, operasi tersebut menggunakan thorascoscopic berupa kamera kecil. Pertama-tama dibuat lubang kecil sebesar satu milimeter sebanyak 1-3 lubang pada paha atau lengan atas. Melalui panduan kamera kecil tadi, diambil sepotong cabang pembuluh darah untuk keperluan bypass yang akan di lakukan. Kemudian dengan kamera kecil itu pula, cabang pembuluh darah yang di keluarkan tadi dipasangkan dan di sambungkan pada pembuluh darah yang tersumbat.

Penerapan Teknologi modern operasi bypass jantung invasi minimal yang berstandar internasional serta didukung oleh keahlian mumpuni dari para dokter bedah, dapat menolong para penderita jantung koroner untuk meningkatkan kualitas Hidupnya.

( diambil dari berbagi sumber)

{ 1 komentar... Views All / Post Comment! }

aida miwa mengatakan...

kurang lengkap...

Posting Komentar